Friday, September 26, 2014

Masalah Pertanian di Indonesia

Permasalahan Pertanian di Indonesia - Negara kita memang tidak pernah berhenti terjebak dari permasalahan yang kian lama kian berlarut-larut. Sama halnya dengan pertanian di Indoesia yang selalu mendapatkan masalah baik secara eksternal maupun internal. Permasalahan ini tidak bisa diselesaikan dengan hanya sepotong-sepotong maksudnya penyelesainnya sebagian dulu baru yang sebagian.
Petani itu merupakan tulang punggung rakyat, karna tanpa petani maka sumber makanan akan tiada. Bayangkan saja manusia yang kaya bahakan yang miskinpun tidak bisa hidup tanpa mengkonsumsi makanan dari petani, apa ia teknologi yang sekarang bisa menciptakan makanan sintesis tanpa proses penanaman tanaman? Jelas TIDAK.
Dua permasalahan pertanian yang ditimpa negara kita yang lagi berkembang ini :


  1. Permasalahan Eksternal ini dipengaruhi dari luar. contohnya : Kecenderungan generasi pemuda di indonesia termasuk dipedesaan enggan meneruskan usaha pertanian. Bisa kita lihat disekitar kita jumlah mahasiswa yang mengambil jurusan pertanian menjadi minoritas dibandingkan jurusan ekonomi, kedokteran, sosial dan lain sebagainya. Ini menambah keprihatinan pemerintah dan seluruh warga negara, bagaimana tidak, kebutuhan padi dan bahan pokok tiap tahun yang semakin tinggi tetapi hasil pertanian yang semakin menurun. Tidak hanya itu, lulusan sarjana pertanian tidak menekuni jurusannya contoh saja sarjana pertanian banyak yang bekerja di perbankkan yang justru tidak ada hubungannya dengan pertanian, bagaimana pertanian bisa maju. Terus siapa yang salah? saya tidak tahu pasti apakah pemerintah atau memang individunya, walaupun saya sendiri mahasiswa pertanian. Jika dilihat dari pendapat saya memang antara pemerintah dan sarjana pertanian haruslah saling terkoordinir saling bahu-membahu menjadi satu untuk menuntaskan permasalahan yang ada ini. Beberapa hal yang saya simpulkan dari masalah eksternal yang harus diperbaiki :
    1. Membuat generasi muda tertarik untuk menekuni pendidikan dibidang pertanian.
    2. Meningkatkan Pemanfaatan Sumber daya Alam
    3. Menjaga lingkungan agar tetap dapat di manfaatkan untuk pertanian.
    4. Meningkatkan Sumber Daya Petani.
    5. Sistem Irigasi yang baik dan sumber air yang bersih, karna saat ini cuaca sulit di ramalkan.
  2. Permasalahan Internal  masalah ini yang dari tahun ketahun sampai sekarang menjadi permasalahan yang tidak kunjung juga dapat diselesaikan. Karna cukup banyak langsung saya rangkumkan untuk teman-teman :
    1. Sulitnya petani mendapatkan pupuk dan benih unggul, jikalau ada harganya mahal.
    2. Modal petani yang terbatas sehingga kebutuhan pupuk dan benih tidak tersedia.
    3. Lahan petani yang sempit namun butuh biaya yang tidak murah untuk mengelolahnya.
    4. Harga produk pertanian dipasar sangat murah, sempat gubis dimalang cuma seharga Rp.500 per Kgnya, gimana ga rugi petani.
    5. Penanganan pasca panen dan teknologinya yang jarang dijumpai dikalangan pertanian, sehingga hasil pertanian langsung dijual dengan harga yang murah padahal jika diolah terlebih dahulu dapat meingkatkan nilai ekonomi untuk para petani.
    6. Penawaran yang lemah dalam memasarkan produk hasil pertanian
Sederet problematika diatas tidakhanya tanggung jawab pemerintah seorang tetapi tugas kita semua menjadikan warga negara yang mengkonsumsinya untuk meningkatkan taraf hidup petani. Jika pertanian kita jaya maka penduduk indonesiapun akan berjaya, kebutuhan nutrisi akan terjamin, warga negara yang sehat dan makmur akan dicapai. Mulailah dari kita untuk mengknsumsi produk pertanian lokal dan menjaga lingkungan dengan baik agar tanah kita tetap bisa ditanami oleh para pahalawan kita (petani).