Friday, September 6, 2013

Teknologi Pertanian Budidaya Kacang Kedelai V.02

 01. Menyiapkan Lahan Untuk Bibit Kedelai (untuk di tanam lahan sawah)

Sesui dengan janji saya kemaren, hari ini saya akan memposting cara budidaya kacang kedelai V.02  dan lang sung pada pokok pembhasan ya... biar cepat kelar materinya. adapaun materinya sebagai berikut: 
  •  Tanah bekas bertanam padi tidak perlu diolah (tanpa olah tanah = TOT), namun jerami padi perlu di potong pendek.
  • Saluran irigasi /drainase dibuat dengan kedalaman 25-30cm dan lebar 20cm setiap 3-4 m. Salusaran ini berfungsi untuk mengurangi kelebihan air bila lahan terlalu becek, dan sebagai saluran irigasi pada saat tanaman perlu tambahan air.
  • Pada lahan yang baru pertama kali ditanami kedelai, benih perlu di campur dengan rhizobium. Apabila tidak tersedia inokulan rhizobium (seperti Rhizoplus) atau legin), dapat di gunakan tanah bekas tanaman kedelai yang di taburkan pada barisan tanaman.
02. Cara Penanaman Benih Kedelai
Adapun cara penamannya seperti ini teman-teman : pertama benih kedelai ditanam dengan tugal, kedalaman 2-3 cm. yang kedua Jarak tanam : 40cm x 10-15 cm, 2 biji/lubang, dan setelah itu untuk menghindari kekurangan air , sebaiknya kedelai di tanam tidak lebih dari 7 hari setelah tanaman padi di panen.

03. Cara Pemupukan nya?
Untuk pemupukan benih kedelai yang baru saja di tanam, pada sawah yang subur atau bekas padi yang di pupuk dengan dosis tinggi tidak perlu tambhan pupuk NPK. Sedangkan untuk sawah dengan kesuburan dan rendah takaran pupuk yang di gunakan adalah sebagai berikut:
  • Tanpa jerami/ pupuk kandang ==> Urea (50-75kg/ha)SP36 (75-100kg/ha)KCI(100kg/ha) dosis ini untuk tanah cukup subur ==> (25-50kg/ha)-(50-75kg/ha)-(100kg/ha)
  • 5 Ton jerami perhektar ==>  Urea (50kg/ha)SP36 (75-100kg/ha)KCI(75kg/ha) dosis ini untuk tanah cukup subur ==> (25kg/ha)-(50-75kg/ha)-(75kg/ha)
  • 2Ton pupuk kandang per hektar ==> Urea (25kg/ha)SP36 (50-75kg/ha)KCI(75kg/ha) dosis ini untuk tanah cukup subur ==> (25kg/ha)-(50kg/ha)-(50kg/ha)
Sebenarnya ini dalam bentuk tabel karna masih terbatasnya waktu dan alat, insy@ lain waktu saya buatkan tabel agar lebih fisual dan mudah di mengerti,  dan perlu di perhatikan bahwa takaran ini bukan asal-asalan tetapi mengambil dari reffrensi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, dan semoga bermanfaat, owh ia satu lagi jangan lupa untuk membaca lanjutan materi berbudidaya Kacang Kedelai V.03 (Pengelolaan Tanah Dan Tanaman Di Lahan Kering Masam).