Sunday, February 16, 2014

Resep Cara Membuat Nasi Uduk

Membuat Nasi Uduk- Tadi siang saya belajar membuat nasi uduk di kedai assalamualaikum malang, melihat secara langsung membuat saya mengerti proses pembuatan nasi uduk yang cukup simple. Tidak perlu banyak berkata, mari kita langsung pada pembahasan pembuatannya.

Cara Membuat Nasi Uduk

Bahan Yang Diperlukan:
- Beras biasa 4.5 kg  (boleh terserah anda)
- Air santan (secukupnya)
- Air biasa
- Daun jeruk
- Daun serei
- lengkuas
- Daun Salam
- Garam

Cara Membuatnya
  • Bilaslah beras dengan air biasa (dicuci) kemudian masukkan kedalam presto atau tempat biasa anda memasak nasi ( saya disini pake semacam presto).
  • Beras yang sudah ada ditempat memasak diisi dengan air santan yang sudah kita sediakan. ukurlah air santan seperti ukuran kita memasak nasi dengan air biasa.
  • Masukkanlah daun jeruk, daun serei, lengkuas dan daun salam yang sudah coklat. Kemudian masukkan garam kurang lebih 14 sendok teh, juga bisa sesuai selera anda. Lalu tutuplah tempat memasak itu dan nyalakan api kalau pake kompor atau colokkan listrik bila menggunakan megic jarr.
Setelah itu tunggu sampai matang layaknya nasi biasa, kemudian langsung bisa dihidangkan untuk keluarga. catatan dari saya jangan mengacu pada takaran, gunakan ukuran sesuai dengan selera anda dan kira-kira aja. Berkereasilah dalam memasak, salam hangat.