Friday, September 20, 2013

Buah Unggulan Di Kota Batu



Temen teman tau ga buah unggulan yang ada di kota batu? Yang merupakan salah satu daerah agrowisata yang cukup terkenal di nusantara tercinta kita ini, berikut ini daftar buah unggulan yang saya tahu dari pameran pertanian nasional di kota batu beberapa waktu yang lalu dan semoga meberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya, adapun daftarnya sebagai berikut:

1.Apel

Jenis buah  apel yang umum di tanam oleh para petani di kota batu ada beberap jenis yang terdiri 4 macam di antaranya :
1. Apel Anna 
2. Apel Rome Beauty
3. Apel Manalagi
4. Apel Wanglin 
1   
Lokasi tempat penanaman apel tersebar di beberapa desa daru tiga kecamatan di kota batu, namun yang paling banyak memproduksi apel terdapat terdapat di bumiaji yaitu salah satunya di Desa  dan yang lainnya Desa Tulungrejo, Sumbergondo, Bulukerto , Bumiaji, Pandanrejo, Giripurno dan sebagain yang kecil di disa Punten, sumberbrantas dan Gunungsari. Di kecamatan Batu ada Desa Oro ombo. Sedangkan di Kecamatan Junrejo hanya tinggal sedikit di Desa Tlukung.

Tuakah tempat pemasaran Apel ini? Ternyata pemasaran untuk sebagian besar hanya di wilayah malang raya terutama hanya di pasarkan oleh pedagang  lokal batu untuk memenuhi permintaan pasa wisata dan mencukupi kebutuhan industri pangan olahan di Kota Batu misalnya sari apel, jeneng apel dan kripik apel. Tapi sbagian demikian ada juga yang di kirim keluar daerah.

2.Jeruk 

Nah buah yang kedua ini adalah salah satu buah unggulan juga dari Kota Batu, yaitu Jeruk keprok  Batu-55 cocok di budidayakan di daerah dengan ketinggian di antara 700-1.200 meter lumayan tinggi kan. Tapi temen-temen tahu ga nama jeruk keprok ini dulunya bernama jeruk Punten yang katanya ada semenjak jaman Belanda dan berkemba pada tahun 1970-an yang kemudian tergeser karna berkembangnya tanaman apel di Kota Batu pada tahun 1980-an.

Jeruk Keprok Batu55 juga mempunyai ciri khas teman yaitu adanya benjolan pada bagian pangkal buah , sedangkan ciri khas yang lain terdapat pada warna kulit buah oranye penuh, kulit buahnya agak tebal dan rasa buahnya manis. Nah sekarang coba tebak gimana pemasaran jeruk keprok Batu55 ini?  Dan taukah teman-teman ternyata buah ini tembus pasar eksport ke Singapura, dan didalam Negri sendiri di pasarkan ke Bali, Surabaya, Kalimantan Dll. Berarti ini menandakan kualitas buah dan teknologi pertanian Jeruk keprok sudah maju di Kota Batu ini. Next………….

3.Stroberi

Ternyata stroberi juga termasuk buah andalan di kota Batu ya, walaupun belum bisa dikatakan secara penuh menjadi  buah unggulan di kota Batu, tapi karna dengan di kembangkannya tumbuhan stroberi pada beberapa tahun terakhir ini telah menciptakan beberapa variasi tersendiri dimana stroberi telah menjadi bagian ragam buah yang ada di kota Batu.

Dengan bentuknya yang lucu dan cantik buah ini sering di kemas dengan rapi agar menarik bagi para wisatawab di tempat-tempat  parawisata dan bahkan disalah satu tempat wisata di Kota Batu buah ini juga bisa di petik oleh pengunjung nya tapi ga boleh sembarangan ya kalau mau metik stroberi karna bisa menyebabkan kematian pada pohon stroberi. Stroberi menjadi salah satu buah yang tergolong khas dan tidak mudah di temukan di daerah laian sama halnya dengan buah apel.

Dikarnakan sifat buah ini tidak tahan begitu lama ketika panen raya maka buah ini tidak sedikit di jual di pasar-pasar tradisional dan moderen di daerah Malang Raya. Selain itu juga ada beberapa pengusaha yang memanfaatkan buah stroberi ini untuk membuat sari buah ataupun juice stroberi di karnakan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Gimana teman tertarik berwisata ke Kota Batu?