Tuesday, September 23, 2014

Siklus Hidrologi - Siklus Air

Siklus Hidrologi atau juga Siklus Air. Hidrologi meupakan ilmu yang mempelajari tentang siklus pergerakan, distribusi dan kualitas air diseluruh bumi. Siklus Hidrologi menurut (Zainal Abidin 2010) adalah peristiwa yang terjadi secara alam dimana air berputar pada siklus tertentu yaitu air dari bumi naik kepermukaan bumi akibat penguapan yang disebabkan karna panas sinar matahari dan pada akhirnya air di atas permukaan bumi akan turun kembali berbentu hujan, embun, kabut ataupun salju.
Kalau menurut Wikipedia Siklus Higrologi adalah siklus air yang takpernah berhenti dari bumi ke atmosfir dan kembali lagi kebumi melalui proses kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi.
siklus hidrologi siklus air

Kondensasi artinya : pengembunan yang berarti perubahan wujud benda menjadi wujud yang lebih padat seperti uap atau gas menjadi berwujud cairan.
Presipitasi artinya : proses terjadinya kejenuhan uap air yang ada di langit menjadikannya berubah menjadi air yang dapat dipengaruhi dua hal pertama karna pendinginan dan yang kedua karna tingginya volume uap.
Evaporasi artinya : Penguapan adalah proses perubahan molekul didalam keadaan cair dengan spontan menjadi gas (contohnya air menjadi uap).
Transpirasi artinya : Hilangnya uap air dari permukaan tanaman

Jadi kalau dijabarkan dari gambar di atas pertama air mengalami Evaporasi (penguapan) kemudian uap air naik kepermukaan bumi, proses kedua mengalami kondensasi (pengembunan) yang kemudian berkumpul menjadi awan dan turunlah hujan, air hujan yang turun kebumi akan naik kembali atau mengalami evaporasi lagi seperti proses yang pertama. Demikian tadi penjabaran secara ringkas dan sederhana tentang siklus air, masih ada pembagian-pembagian pembahasan yang perlu diperhatikan.

Komponen - Komponen Siklus Hidrologi

Siklus Pendek atau Kecil  :

  1. Air dibumi mengalami penguapan sehingga menjadi uap atau gas
  2. Uap air mengalami pengembunan ( kondensasi ) berkumpul membentuk awan
  3. Target turun hujan dari siklus ini dipermukaan lautan
Siklus Sedang :

  1. Air dibumi mengalami penguapan seingga menjadi uap air
  2. Uap air tertiup angin menuju daratan
  3. Membentukan awan
  4. Turun hujan di permukaan daratan
  5. Air hujan mengalir dari sungai kembali lagi kelautan
Siklus Panjang :

  1. Air laut menguap menjadu uap gas karna panas matahari
  2. Uap air mengalami sublimasi
  3. Pembentukan awan yang mengandung kristal es
  4. Awan bergerak karna tiupan angin kedaratan
  5. Turun salju
  6. Pembentukan gletser
  7. Gletser mencai membentuk aliran sungai
  8. Air disungai mengalir kembali kelautan
Peranan Siklus Hidrologi Pada Kehidupan - Saat ini banyak masalah yang melanda negri kita, disurat kabar, berita elekronik dan media internet memberitakan daerah kekeringan. Terjadinya kekeringan disuatu daerah tidak lepas dari peran siklus air yang terjadi pada daerah itu. Terjadinya perubahan siklus ini disebabkan panas matahari yang semakin tinggi ini dapat mengakibatkan jumlah curah hujansangat tinggi yang berpotensi mengakibatkan banjir, dan disebagian daerah malah kekeringan.
Cara meminimalisir terjadinya perubahan siklus air ini dengan cara menjaga lingkungan agar tetap hijau dan sejuk, tanamlah pohon-pohon disekitar kita, hentikan penebangan hutan lindung dan mulailah untuk berfikir untuk tinggal dialpartemen karna dapat mengurangi penggunaan lahan perumahan yang menggerus lahan hijau. 
Saya kira cukup samapi disini pembahasan yang bisa saya sampaikan dari hasil pelajaran yang saya terima kemaren. Semoga teman - teman bisa mengambil manfaa.