Saturday, February 8, 2014

Pengertian Materi - Dalam Ilmu Kimia

Pengertian Materi adalah setiap objek atau bahan yang membutuhkan ruang dan jumlahnya diukur oleh suatu sifat yang disebut massa. Sedangkan massa itu sendiri hanyalah salah satu dari banyak sifat atau ke-khasan materi yang dapat dikenal dan dibedakan dari lainnya.
 Dalam ilmu kimia kita mempelajari bangun (struktur) materi dan perubahan yang dialami materi, baik dalam proses-proses alamiah maupun dalam eksperimen yang direncanakan.
           Jadi dalam Ilmu Kimia tersebut kita dapat mengetahi bagaimana benda atau materi di alam raya dapat dirubah dari bentuk yang  ada dengan sifat-sifat  tertentu menjadi bentuk-bentuk lain dengan sifat-sifat yang berbeda.
                Sebagai contoh, Ilmi kimia memberikan pengetahuan yang memungkinkan untuk perubahan bentuk minyak alami menjadi berbagai jenis bahan baku sejumlah plastik, obat-obatan dan pestisida.
                Dengan Ilmu Kimia pula kita dapat mencari bahan atau logam yang tepat untuk membuat semikonduktor. Dan dapat menentukan kombinasi yang tepat antara semi konduktor, sehingga menjadi komponen penentu yang handal dalam pembuatan computer kecepatan tinggi dan sebagainya.
               


Sifat Dan Perubahan Materi
                Tiap materi (missal air, gula, garam, perak dan lainnya) memiliki seperangkat sifat atau ciri (karakter) yang membedakannya dari semua materi lain dan memberinya identitas yang unik.
                Baik gula dan garam berwarna putih, padat, Kristal, larut dalam air dan tidak berbau. Tetapi gula manis, sehingga bila dipanaskan dalam belanga akan meleleh dan berwarna coklat. Gula terbakar di udara. Garam asin, baru meleleh setelah dipanasi hingga membara dan tidak menjadi coklat betapapun dipanasi. Seta tidak terbakar di udara. Kedua materi tadi berbeda karna beberapa sifat instriksik mereka masing-masing.
                Sifat instrinsik adalah kualitas yang bersifat khas setiap materi, tidak peduli bentuk dan ukuran materi itu. Sedangkan sifat ekstrinsik ialah suatu sifat yang besarnya bergantung pada bentuk dan ukuran (jumlah) materi. Missalnya kilap, warna adalah sifat instrinsik. Massa, volume, panjang adalah sifat ekstrinsik.
                Warna, kilap, rapatan, viskositas, titik didih, titik leleh dan kekerasan adalah beberapa sifat fisika yang dapat digunakan untuk menerangkan penampilan suatu materi. Suatu proses perubaan penampilan fisik materi dengan identitas dasar tidak berubah disebtu perubahan fisika.
                Sifat kimia adalah sifat instrinsik. Kualitas yang khas dari suatu materi yang menyebabkan materi itu berubah, baik materi itu sendiri maupun dengan berinteraksi dengan materi lain. Perubahan kertas, pengkaratan besi adalah perubahan-perubahan yang tidak hanya mencangkup keadaan fisika, tetapi juga identitas dasarnya. Dalam perubahan kimia, materi diubah secara sempurna menjadi materi yang berbeda.
sumber: bukui dasar ilmu kimia