Tuesday, September 24, 2013

Pengertian Bioteknologi Pertanian- teknologi pertanian moderen

Bioteknologi Pertanian adalah pengembangan teknologi di bidang pertanian yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin lama semakin meningkat, di era moderen ini kebutuhan pangan semakin meningkat sehingga manusia di tuntut untuk melakukan inovasi di dlam berbudidaya tumbuhan agar mendapat hasil yang melimpah, kualitas yang bagus, bibit yang sehat dan baik dan produktifitas tanaman yang relatif cepat untuk di panen.

Berbeda di era kuno zaman dahulu manusia bergantung pada ketersediaan bahan pangan di alam sehingga mereka selalu berpindah tempat dari satu tempat ketempat lain untuk menemukan makanan untuk di konsumsi, seiring perkembangannya waktu pola pikir manusia mulai berubah dan berfikir untuk menetap pada suatu tempat namun mereka tetap bisa mendapatkan makanan dari tempat itu.
Di era moderen ini laju pertumbuhan penduduk lebih cepat dari pada laju pertumbuhan pangan makamanusia berusaha memenuhinya dengan memanfaatkan Bioteknologi pertaian untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia yang semakin meningkat dari tahun ketahun.

Bioteknologi tidak hanya untuk di aplikasikan untuk tanaman saja tapi juga untuk memenuhi kepuasan dan kebutuhan manusia dan berikut ini beberapa hal yang berhubungan dengan Bioteknologi pertanian:


Kultur jaringan

Kultur jaringan adalah salah satu metode Bioteknologi di bidang pertanian, metode kultur jaringan ini di lakukan dengan cara menanam bagian tumbuhan bisa berupa biji, batang, daun ataupun akar untuk di jadikan bibit baru yang berjumlah banyak.

Biasanya cara kultur jaringan media penanamannya di dalam botol dengan syarat tertentu seperti suhu, pencahayaan yang terkontrol. Melalui teknik ini satu tanaman bisa di perbanayak menjadi ribuan bhakan ratusan.



Saat ini sudah sangat banyak instansi perusahaan pemerintah maupun suasta yang mengembangkan metode kultur jaringan dengan tujuan mampu memenuhi kebutuhan bibit tanaman yang berkualitas untuk suatu kepentingan misalnya. Berikut ini beberapa keunggulan metode kultur jaringan: 


  • Mampu menghasilkan bibit yang mayoritas seragam dalam jumlah yang sangat banyak sehingga waktu panen dapat di perkirakan 

  • Bibit yang di hasilkan bebes dari virus dan penyakit sehingga bibit lebih sehat

  • Kualitas yang di hasilkan sama dengan induk tanman sehingga yang di peroleh sesui dengan yang di harapkan.
     

  Rekayasa Genetika

Bioteknologi pertanian juga dapat di lakukan dengan cara memanfaatkan teknologi nuklir. Penyinaran jaringan tanaman atau sel dengan radiasi gamma cobalt 60 misalnya. Untuk mengubah susunan DNA kita butuh sinar radiasi gamma cobalt 60. DNA adalah komponen dasar mahluk hidup yang mengandung gen pembawa sifat keturunan yang sama dengan iduknya. Yang hasil dari rekayasa genetika mengharapkan perubahan gen bisa bermacam-macam.

Misal ada tumbuhan yang berdaun polos dan di karnakan proses rekayasa genetika tumbuhan itu berdaun dengan cerah dan indah, dan jika itu berhasil maka lahirlah varian baru dari kombisi tanaman dan rekayasa ini sebenarnya tidak hanya di peruntukan pertanian namun disini saya mengulas tentang rekayasa genetika pada tumbuhan.

Rekayasa genetika adalah cara menghubungakn DNA satu dengan DNA yang lainnya dengan tujuan agar terciptanya varietes baru yang unggul sesuai dengan apa yang di harapkan pelaksana, sehingga perkembangan pertanian semakin maju.