Wednesday, September 4, 2013

Program Studi Agroteknologi

Program studi Agroteknologi merupakan salah satu jurusan yang ada di FPP (Fakultas Pertanian dan Perternakan) di Unversitas Muhammadiyah Malang dan apasih yang di pelajari oleh para masiswa FPP program studi Agroteknologi? begini saat temen-temen pertama kali mendengar Agroteknologi pasti sudah bisa memperkirakan arti dari Agroteknologi yang terdiri dari kata Agro yaitu pertanian dan teknologi yaitu rekaysa mekanisme dengan sainse dan ilmu pengetahuan. jadi agroteknologi itu mempelajari tentang rekayasa dan mengelola tumbuhan secara modern agar dapat menghasilkan produk pertanian yang berkualitas dengan jumlah yang besar, teman-teman sudah mulai mengertikan apa yang di pelajari di program studi di Agroteknologi.

Agar wawasan teman-teman bertambah saya akan membagikan hal yang saya tahu tentang Program studi Agroteknologi, karna saya juga seorang mahasiswa di program studi ini dan saya akan menuangkan semua yang saya peroleh dalam bangku kuliah ini buat teman-teman pengunjung blog ini, selama kita menempuh pendidikan sebagai mahasiswa jurusan program studi Agroteknologi kita akan belajar fokus pada pengelolaan tanaman seperti:
  1. Bibit tanaman, dari jenis-jenis bibit, penyemian, media tanam bibit, pengaruh keasaman tanah dan rekayasa bibit dan mungkin jika Program studi Agroteknologi di Universitas temen-temen sudah canggih dan moderen maka juga akan di pelajari tentang rekayasa penggabungan DNA tanaman satu dengan tanaman yang lain sehingga mampu menciptakan jenis tanaman baru yang lebih baik dan menguntungkan.
  2. Perawatan tanaman, ketika tanaman bibit sudah di pindahkan ketempat produksi maka perlu untuk selalu di perhatikan dan di beriperawatan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan terhindar dari hama atau penyakit tumbuhan di karnakan ketika bibit di pindahan dari persemian ketempat media produksi tanaman baru ini akan sangat rentang dengan serangan penyakit, jadi di Prodi Agroteknologi kita akan belajar materi ini.
  3. Proses paska panen, di kondisi ini kita akan belajar tentang tatacara dan proses penanganan tumbuhan yang akan segera di panen ketika buah sudah matang, ciri-tanaman sehat dan menghilkan produk yang berkualitas.
  4. Terakhir proses panen, kita belajar cara memanen tanaman dengan baik, kenapa sih kita harus belajar cara memanen? jadi begini, ada sebagian tanaman yang tidak bisa di panen secara se eanaknya, jika kita sampai sembarangan maka resikonya tanaman itu akan busuk dan mati, maka dari itu di Agroteknologi juga di pelajari hal beginian.
  5. sebenarnya tidak hanya proses penanaman, tapi juga tentang analisa kondisi lingkungan yang cocok untuk suatu komoditas tanaman dan rekayasa media tanaman.
Ada banyak lagi yang di pelajari seperti cara memanen bermusim di luar musimnya dan itu juga termasuk rekayasa panen, nah itu dia yang di maksud Agroteknologi, jangan sampai teman-teman berfikir kalau sekolah Agroteknologi kita belajar tentang proses pembuatan mesin untuk pertanian ya... jadi buat temen saya agroteknologi lebih cenderung langsung pada tanaman dan pengelolaan secara modern bukan mesin. sekian dulu ya positngannya, jika teman-teman mau menambahi silahkan, semoga bermanfaat untuk kita semua.